Selasa, 25 Juni 2013

BERSWADAYA BANGUN MASJID QUBAA

Republika, 26 Juni 2013

Masjid berwarna pasir itu sudah tegak berdiri berhadapan dengan Pegunungan San Gabriel. Kubahnya berwarna biru dan ada enam menara menjulang. Bangunan ini menjadi pemandangan berbeda di Rowland Heights, sebuah kota industri di California Selatan, AS. Namanya Masji Qubaa. Peresmian masjid berlangsung pada Sabtu (22/6).

Di bagian dalamnya, permadani asal Pakistan menghiasi dinding masjid. Selain itu, lampu gantung dari Dubai dipasang di ruang shalat. Butuh empat tahun untuk menuntaskan pembangunan masjid. Kompleks bangunan terdiri atas sekolah, perpustakaan, kamar jenazah dan klinik kesehatan.

Total biaya yang digelontorkan menembus angka 5,5 juta dolar AS. Dana sepenuhnya berasal dari swadaya komunitas Muslim Rowland Heights. Sejumlah orang menyumbang 100 ribu dolar AS dan lainnya menyerahkan 500 ribu dolar AS. Para muslimah pun tak berdiam diri. Mereka membantu menggalang dana melalui pagelaran busana. Uang yang terhimpun lumayan, 100 ribu dolar AS.

Puluhan muslim yang berketerampilan di bidang konstruksi menyumbangkan keahliannya itu. Ada pula yang mengirimkan bahan-bahan bangunan. Ini jelas-jelas menghemat biaya konstruksi. Direktur Ekesekutif Dewan Syura Islam California Selatan, Shakeel Syed, mengatakan setelah peristiwa 11 September 2001, pemerintah memperketat aliran dana asing.

Di sisi lain, muslim enggan menerima sumbangan luar negeri. "Komunitas muslim menyadari lebih baik mengumpulkan dana sendiri meski mereka sadar akan memakan waktu lama," katanya, seperti dikutip Los Angeles Times. Beruntung, banyak muslim yang sukses membangun usaha dalam dekade terakhir ini. Dari merekalah kebutuhan dana pembangunan terpenuhi.

Ada pula pinjaman tanpa bunga dari sepasang suami-istri dari Orange County. Mereka meminjamkan dana pensiunnya ke panitia pembangunan masjid. Pusat Kegiatan Islam Corono pun berkontribusi.

Peresmian masjid baru ini menandai kian banyaknya masjid di California Selatan. Dalam beberapa tahun terakhir masjid baru berdiri. Kini, ada ribuan masjid di seluruh AS.

******

Nah... Indonesia sebagai mayoritas penduduknya muslim dan banyak juga yang kaya, harusnya bisa lebih daripada ini.

1 komentar:

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berhutang, inilah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda saat memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman dengan suku bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individual mereka dan merayakan musim baru dengan senyuman di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} mariasednerloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Pinjaman tujuan: _____________
    Nomor telepon: ________
    Maria ibu

    BalasHapus