Jumat, 06 Mei 2016

Dibawah Naungan Cinta - 1

Namun, jikalau kautemukan ada orang yang tak membalas cinta seseorang yang mencintainya, sesungguhnya hal itu terjadi lantaran jiwa orang itu tertutupi tabiat-tabiat dan sifat-sifat keduniaan. Jiwanya tak dapat merasakan ketersambungan getaran cinta yang disampaikan oleh jiwa orang yang mencintainya. Kalau saja, segala tabir penutup itu sirna, niscaya jiwa keduanya akan tersambung. Cinta mereka akan terjalin dalam kadar derajat dan kekuatan yang sama.

Tatkala hal itu terjadi, segenap perhatian, cinta dan kasih sayangnya akan tercurah pada sang kekasih tercinta. Ia curahkan segalanya dengan kesadaran penuh akan adanya "sesuatu" yang mempersatukan jiwanya dengan jiwa sang kekasih tercinta. Kala terpisah, ia akan mencarinya, mendatanginya dan merindukan pertemuan dengannya. Kalau bisa, tak perlulah ada perpisahan. Ia ingin selalu menempel di samping sang kekasih tercinta, seumpama magnet yang terus menempel pada besi.

Atau seumpama api yang terkurung. Kekuatan api untuk bertemu dan bersatu dengan api-api lainnya tak kan terjadi, kecuali ia dilepaskan dari kurungannya. Dua kobaran api, meskipun berdekatan, ia takkan bersatu manakal ada tabir penghalang yang tidak dapat ditembus oleh keduanya.

Banyak dalil yang bisa kukemukakan untuk mendukung pernyataan diatas. Diantaranya, bukankah engkau tak akan menemukan dua orang yang saling mencintai kecuali diantara keduanya terdapat kesamaan tabiat dan kecocokan sifat-sifat alamiah. Pasti ada kesamaan diantara keduanya meskipun sedikit. Semakin banyak kesamaan, semakin besar pula daya tarik diantara keduanya. Semakin banyak kecocokan, semakin kuat pula cinta yang terjalin diantara keduanya.

Diambil dari buku "Dibawah Naungan Cinta" karya Ibnu Hazm El Andalusy.

"Akan ada sesuatu yang sama meski sebelumnya tak banyak mengenal, karena dua jiwa akan bersatu setelah menemukan bait-bait kemiripan atau kesamaan yang semakin menguatkan ikatan. Terlebih, jalinan atas dasar iman itu menjadi awalnya." (Anonim, 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar