Senin, 22 November 2010

NGASIH MAAF ITU LEBIH BAEK LHO…^_^


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash[1] berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barangsiapa yang mendapat suatu pema'afan dari saudaranya, hendaklah (yang mema'afkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi ma'af) membayar (diat) kepada yang memberi ma'af dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.” (Q.S. Al-Baqarah 178)
            Pesan yang ada dalam ayat ini adalah bahwa jika kita didzalimi seseorang, kita berhak ngebalas, asal balasan tersebut sesuai serta seimbang, dengan kata lain tidak berlebih-lebihan. Butwait guys…!!! Islam ngajarin kalo kita mesti bersabar, ato bahkan ngasih maaf sama orang yang tega menzalimi kita maka itu adalah lebi baik. Lebih afdal. Hal ini pernah terjadi kok dalam sejarah. Gini nich ceritanya…
            Seorang Arab Badui pergi ke Madinah mengendarai seekor kuda, pengen dagang. Pas nyampe disono (Madinah), tuh kuda die iket kenceng dan akhirnya tuh orang pergi ke pasar buat jualan. Karena ni orang lama banget jualan di pasarnya, kudanya lepas dan masuk ke dalam sebuah taman elit milik orang kaya disana. Sang pemilik teman nyoba buat ngusir tuh kuda, tapi si kuda ternyata ngeyel and balik lagi buat makanin tanaman disono. Akhirnya orang ntu kesel bukan main, singkatnya tuh kuda langsung ditombak ampe mati, “elu sih kuda… tau udah ane usir, eh masih ngeyel aje ngerusak tanaman ane… mampus dah elu…!!!”
            Sekembalinya dari pasar, si Badui kaget pas liat kudanya kaga ade ditempat asal, ilang entah kemana. Ampe pusing bukan kepalang, si Badui akhirnya jalan-jalan nyari tuh kuda, mpe akhirnya dia nyampe disebuah taman dimana ada seorang laki-laki tua lagi duduk santai disono.
             “Permisi engkong… liat kuda kaga lewat sini?” Tanya si badui sambil menjelaskan ciri-ciri kuda miliknya.
            Akhirnya si Engkong pun marah, “Ente gimana sih…?? Kuda dibiarin lepas… liatin tuh taman ane jadi berantakan gara-gara tuh kuda… emang kaga ente ikat napa…??!!!”
             Sorry kong… ane juga kaga tau kalo tuh kuda bisa lepas, ane minta maaf banget karena tuh kuda dah berantakin taman engkong, tapi ane mau nanya… sekarang kudanya mana?”
            Si engkong langsung nunjukin bangkai kuda yang udeh dia tombak ‘mantep’, “Tuh kuda akhirnya ane bunuh, abis kesel banget sih… dah ratusan kali diusir malah tetep ngeyel ngerusak tanaman ane…!!!”
             “Hah… apa…??!!” eh akhirnya si Badui yang balik marah, terjadi pertarungan sengit diantara keduanya. Saling cakar, tabok, tinju, pukul ampe kungfu ‘wong fei hung’ dikeluarkan masing-masing. Dasar si engkong udah cukup tua, akhirnya kalah juga ama si Badui mpe akhirnya nyusul arwah si kuda yang barusan dia bunuh.
            Ternyata salah seorang sahabat Rasul, Abu Dzar Al-Ghiffari, ngeliat dari kejauhan. Pas mau ngelerai dia terlambat dan akhirnya menemukan engkong tadi dah tewas ditangan sang pemilik kuda alias si badui. Abu Dzar nanyain si Badui masalahnya apa mpe gulet segala, apalagi lawannya dan dipanggil ma Allah SWT. Si Badui pun sadar atas kesalahan besar yang dah dia lakuin, melanggar KUHT (Kitab Undang-Undang Hukum Tuhan) pasal 2 ayat 178, dia nyesel banget coz dah kebawa emosi. Sambil beristigfar hampir ribuan kali kayaknya di langsung ngomong, “waduh… ane harus tanggung jawab, tuan anterin ane ngadep khalifah dong…!!!”
            Abu Dzar langsung nganterin tuh orang ngadep khalifah Umar yang mimpin umat muslim saat itu. Pas dah nyampe diceritakanlah maksud dan tujuan diadakannya pertemuan kedua orang ini, sang khalifah mutusin agar perkara ini diselesaikan dengan Al-Qur’an. Melalui sidang akhirnya ditetapkan bahwa si Badui harus mati juga, sesuai yang dah dia lakuin ma tuh Engkong, menurut KUHT pasal 2 ayat 178. Sebelum menerima semua keputusan hakim atas perintah khalifah Umar, si Badui minta izin buat balik bentar ngasih tau semua anggota keluarga kalo dia harus nerima hukuman mati (qishas) atas perbuatan yang dah dia lakuin beberapa jam yang lalu. Selain istri, dia punya seorang ibu yang dah tua, tiga anak yang masih imut-imut dan beberapa anak angkat laen. Ternyata si Badui baik hati juga.
            Ternyata kebanyakan orang Madinah nolak, alasannya takut si Badui kabur and kaga mau tanggung jawab trus bisa aja alasannya boong banget. Mirip kayak koruptor Indonesia yang seneng entah kemana ampe kagak ketahuan kalo mereka dan makanin duit rakyat. Dalam situasi seperti ini, tampil seorang Abu Dzar yang mau jadi jaminan kalo si terpidana nti kabur. Khalifah Umar marahnya bukan main, beliau merasa kalo sohibnya main-main, “Eh ente jangan maen-maen ama masalah serius ini… wahai Abu Dzar, ente salah seorang sahabat Rasul yang sangat ane cintai dan sayangi. Ane kaga mau kaga mau kehilangan ente, ane hormati ente… tapi kalo ente bener-bener dah bulet ngambil keputusan kayak gini… ane terima ente jadi jaminan orang ini.” Sang khalifah terus beristigfar sambil menitikkan air mata yang entah berapa liter jumlahnya.
            Dengan adanya jaminan Abu Dzar, Badui itu langsung balik kampung. Pas nyampe rumah didapatinya sang istri tercinta bersama anak-anaknya menunggu dengan perasaan cemas. Diceritakanlah kepada seluruh keluarga tentang hal yang baru dialami, hingga tangis meledak diantara mereka. Bagaimanapun juga, mereka nggak mau kehilangan tulang punggung keluarga. Ibu si Badui yang sudah renta kemudian ngasih nasihat, “Duhai anakku, kamu harus datang untuk mempertanggungjawabkan perbuatanmu. Jika kamu nggak datang, berarti kamu bakal ngebunuh seorang lagi, orang yang sudah rela menjadi jaminan atas kepergianmu kemari. Takutlah kepada Allah, jangan kau pikirkan ibumu ini, anak-anakmu, istri serta anak-anak angkatmu. Serahkanlah semuanya kepada Allah.”
            Setelah semua urusannya kelar, si badui itu pamit kepada keluarga dan tetangganya. Tak lupa, ia minta maaf atas segala kesalahan. Kepergiannya diiringi dengan derai air mata. Anak gadisnya menjerit-jerit sambil menarik-narik bajunya karena nggak mau kehilangan sang ayah. Namun, dengan ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, si Badui ngelepasin tangan anak gadisnya lalu segera bergerak cepat menuju Madinah, sebab waktu yang diberikan untuknya sudah hampir habis. Sudah tiga hari masyarakat Madinah menunggu datangnya si Badui. Mereka gelisah karena si Badui lama gak nongol batang idungnya. Abu Dzar Al-Ghifari yang sudah jadi jaminan udah siap untuk dieksekusi. Di tengah situasi yang serba menegangkan, datanglah si Badui sambil berteriak, “Wahai penduduk Madinah, hentikan penangkapan terhadap Abu Dzar… ane udah datang and siap buat mempertanggungjawabkan perbuatan yang dah ane lakuin…!!!”
            Setibanya di depan publik, Badui itu ditanya bapak hakim tentang keterlambatannya. Ia pun menjelaskan bahwa di rumah ia harus mengurusi keluarga dan beberapa anak yatim. Masalah itu sudah selesai karena sudah ada tetangga yang bersedia dititipi tanggung jawab. Sekarang semuanya udah jelas, dan eksekusi pun siap untuk dilaksanakan. Ketika algojo dah siap dengan kapak sakti 212nya, tiba-tiba ahli waris sang pemilik kebun alias almarhum engkong ntu datang sambil berteriak kencang, “Hentikan eksekusi ini. Kami sebagai ahli waris korban telah memaafkannya. Bebaskan Badui itu…!!!”
            Suasana berubah menjadi hening. Orang-orang yang hadir di alun-alun tempat akan berlangsungnya eksekusi diam seribu bahasa. Mereka tak mampu menahan derai air mata. Haru menyelimuti seluruh masyarakat Madinah yang hadir saat itu.


Ali Imron Syarief (Ali Topan). Tafsir Gaul 1 (Seri Pengembangan Pribadi Remaja). Halaman 38-46, penerbit Eureka. “Dengan sedikit perubahan”


[1] Qishaash ialah mengambil pembalasan yang sama. Qishaash itu tidak dilakukan, bila yang membunuh mendapat kema'afan dari ahli waris yang terbunuh yaitu dengan membayar diat (ganti rugi) yang wajar. Pembayaran diat diminta dengan baik, umpamanya dengan tidak mendesak yang membunuh, dan yang membunuh hendaklah membayarnya dengan baik, umpamanya tidak menangguh-nangguhkannya. Bila ahli waris si korban sesudah Tuhan menjelaskan hukum-hukum ini, membunuh yang bukan si pembunuh, atau membunuh si pembunuh setelah menerima diat, maka terhadapnya di dunia diambil qishaash dan di akhirat dia mendapat siksa yang pedih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar