Senin, 21 Februari 2011

Dalam Menulis, Pentingkah Mengusai Tata Bahasa?

Oleh: Jonru

http://www.jonru.net/dalam-menulis-pentingkah-menguasai-tata-bahasa

Ketika pertama kali mendirikan Sekolah-Menulis Online (SMO) tahun 2007
lalu, saya merasa surprise luar biasa, karena salah seorang
pendaftarnya adalah Oma Ning Harmanto. Dia seorang pengusaha sukses
dan sudah menerbitkan 18 buku, yang semuanya best seller! Saya tak
habis pikir, “Mengapa penulis sehebat dia masih mau belajar menulis
bersama saya?”

Dalam sebuah kesempatan, saya pun bertanya pada beliau. Dan inilah
jawaban dia (saya tulis ulang, insya Allah tanpa mengurangi maknanya):

“Saya sering heran terhadap kerja editor. Begitu menerima naskah saya,
langsung mereka edit, dan setelah itu diterbitkan. Memang tulisan saya
menjadi lebih bagus. Tapi saya tidak tahu di mana kekurangannya. Saya
sudah menerbitkan banyak buku, tapi cara kerja editor yang seperti itu
membuat saya tidak tahu bagaimana cara meningkatkan kualitas
tulisan-tulisan saya. Nah, saya bergabung dengan SMO dengan tujuan
untuk belajar tentang cara memperbaiki tulisan-tulisan saya.”

Saya pun manggut-manggut, dan rasa penasaran itu pun hilang. Saya jadi
ingat salah satu fenomena di dunia penulisan kita: Banyak sekali
penulis yang belum menguasai tata bahasa. Tragisnya, mereka pun tidak
termotivasi untuk mempelajari keahlian yang satu ini. Kenapa? Mungkin
salah satu sebabnya adalah cara kerja editor seperti yang diceritakan
Oma Ning Harmanto di atas.

Tapi kita juga tidak mungkin menyalahkan editor/redaktur. Memang cara
kerja mereka seperti itu. Mereka sangat sibuk dan tentu tak punya
waktu untuk memberitahu para penulis tentang cara memperbaiki kualitas
naskah. Lagipula, itu bukan bagian dari tugas mereka :)

* * *
“Oh, jadi belajar tata bahasa itu memang penting, ya? Seberapa pentingkah itu?”

Coba simak jawaban dan uraian selengkapnya di
http://www.jonru.net/dalam-menulis-pentingkah-menguasai-tata-bahasa


--
Terima Kasih dan Salam Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar