Rabu, 03 November 2010

Untuk pemuda yang dipenuhi kekalutan dan permasalahan dalam hidupnya (Risalah pergerakan sederhana untuk aktivis yang baru)



Kehidupan merupakan jalan bagaimana kita menggapai mimpi, ia seakan terus berlalu tanpa kita sadari, terlebih bagi kaum muda yang dinamis, optimis, penuh percaya diri, kritis dan lain sebagainya. Seakan waktu itu mengendalikan setiap insan untuk melakukan segala hal yang ia inginkan tanpa berfikir langkah terbaik yang seharusnya diambil. Masalah merupakan suatu hal yang mutlak dimiliki oleh setiap pemuda yang waktunya dipenuhi dengan aktivitas, dakwah, ukhuwah dan lain sebagainya.
Masalah datang silih berganti dan terus menggerogoti pikiran baik dan optimis setiap pemuda yang berusaha untuk mencari jalan terbaik. Setiap orang diberikan ujian menurut kadarnya seperti firman Allah dalam surat Ar-Ra'du ayat 11 :"Sesungguhnya Allah tidak memberikan ujian kepada suatu kaum kecuali mereka mampu untuk melaluinya."
‘… dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir dan (apakah tidak) datang kepada kamu suatu peringatan?...’ (Q.S Fathir (35) : 37)
Ujian adalah hal mutlak yang selalu ada pada diri seseorang,ia selalu membuat bimbang manusia yang masih belum mengerti apa makna hidup yang sebenarnya, ia terus merongrong siapa saja yang tak mampu untuk melalui setiap tahap kehidupan yang Allah berikan bagi hamba-Nya. Sudah menjadi realita kehidupan bagi pemuda, bahwa masalah adalah bagian dari hidup mereka dan juga bagi para senior yang semasa mudanya dipenuhi dengan ujian yang tiada henti. Mereka kebanyakan berfikir bagaimana agar kita terhindar dari masalah, padahal masalah adalah sesuatu yang harus kita hadapi dengan tenang. Banyak para trainer mengatakan bahwa ujian adalah sesuatu yang harus kita hadapi, sesuatu yang perlu kita cermati, hal yang harus dicarikan solusi namun hanya sedikit yang berkata bahwa masalah adalah bagian dari kehidupan khususnya untuk para pemuda.
Ya… pemuda merupakan agen perubahan bagi kemajuan maupun kemunduran suatu bangsa, ia takkan lepas dari segala macam fungsi waktu yang akan menghancurkan kehidupannya. Hanya sedikit saja diantara mereka yang memahami fungsi waktu… ‘wahai jiwa-jiwa yang dipenuhi kebimbangan serta keraguan, apakah masih belum cukup untukmu tanda-tanda kekuasaan Allah yang Dia tampakkan melalui berbagai macam fenomena serta dinamika kehidupan…?’
Pemuda selalu bergerak...! ya benar, itulah ciri khas yang selalu melekat pada jiwa-jiwa yang penuh semangat dan tak pernah menyerah untuk menemukan kebenaran serta arti tentang kehidupan. Pemuda, sosok yang diharapkan bagi nusa, bangsa dan agama. sosok yang akan menjadi figur bagi masa depan takkan pernah lepas dari peran optimal sebagai kader penggerak segala macam aspirasi masyarakat serta bentuk atas segala kegiatan yang terjadi di lingkungannya. Penuh keaktifan, namun hanya beberapa saja yang mengerti akan pentingnya arti sebuah pemuda yang kini tercoreng oleh kebudayaan yang dianggap sesuai dengan perkembangan zaman. Hal yang selalu diungkapkan oleh pemuda adalah bagaimana ia memperoleh kesenangan agar di masa tua tidak mengalami kebingungan serta kesulitan.
Paradigma pemuda kali ini telah tercoreng atas segala sikap yang penuh dengan emosi dan hawa nafsu belaka. Padahal kehidupan ini hanyalah sementara dan sangat tidak adil apabila kita sebagai pemuda hanya melakukan hal yang biasa tanpa mewujudkan mimpi yang luar biasa.  Wahai makhluk yang diciptakan untuk ibadah, hai makhluk yang diciptakan untuk memelihara waktunya bersama Allah, hai makhluk yang diciptakan untuk mengemban risalah yang besar, apakah kalian sudah mengintrospeksi dirimu dalam waktumu, siang dan malammu? Apakah kalian mengetahui untuk apa saja kalian habiskan menit-menit dan detik-detikmu?
Kita datang dan pergi untuk keperluan kita
Dan keperluan orang hidup tiada habisnya
Semua keperluan akan mati bersamanya
Dan selama ia masih hidup keperluan itu akan tetap ada padanya
            Kita hidup dan bergerak untuk mencapai tujuan yang baik, diawali dengan niat yang baik serta tata cara yang baik. Wahai pemuda yang dipenuhi rasa semangat dan percaya diri… bergeraklah dengan benar menurut tata cara yang Rasul sampaikan, karena engkaulah bibit unggul yang menjadi penggerak kemajuan sebuah bangsa. Bergeraklah bersama orang-orang yang sudah siap dan mengerti akan arti kehidupan, pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya. Rasulullah SAW bersabda : “gunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara lainnya: gunakanlah masa mudamu sebelum masa tuamu; masa luangmu sebelum sempitmu; masa sehatmu sebelum sakitmu; masa kayamu sebelum miskinmu dan masa hidupmu sebelum matimu.”
untukmu wahai pemuda... bergeraklah...!!! wahai kalian yang rindu kebenaran...wahai kalian yang turun ke jalan...wahai kalian yang dipenuhi rasa percaya diri...wahai kalian yang penuh semangat...!!!’
akankah semangatmu hanya sementara atau bahkan untuk dirimu saja...? tidak...!!! aku akan terus berjuang demi mewujudkan mimpi-mimpi terbaikku...!!!
apakah engkau hanya hidup untuk senang-senang saja... sementara di luar sana banyak yang membutuhkan pertolongan...?! tidak...!!! kami adalah agen perubahan yang akan membuat dunia ini menjadi aman, nyaman, tenteram, damai serta sejahtera bagi semuanya... kamilah yang akan menjadi aktor terbaik dalam setiap episode kehidupan yang Allah buat...!!!
apakah anda hanya ingin berkembang tanpa memperhatikan keadaan di sekitar...?! tidak... kamilah yang senantiasa menyeru untuk kebaikan bagi seluruh umat yang ada di dunia ini... beramar ma'ruf nahi munkar tanpa memandang bahwa kami ini lemah dan tak berdaya... karena dengan persatuan Insya Allah kami pasti bisa...!!!
apakah anda menginginkan perubahan...?! tidak...!!! kamilah yang membuat perubahan itu yang berasal dari mimpi dan harapan kami untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik... kamilah barisan pelopor yang senantiasa membuat perubahan itu pasti ada...!!!
apakah kehidupan hanyalah kesenangan tanpa engkau memikirkan hal yang terjadi...?! tidak...!!! karena Allah selalu mengawasi setiap tindakan yang kami lakukan secara sadar maupun tak sadari, kamilah barisan yang senantiasa mengerti untuk apa hidup ini... mengapa kita harus hidup... dan hanya kepada Allahlah kami kembali...

Ditulis dengan penuh dedikasi bagi para pemuda (aktivis baru) yang senantiasa mencari jawaban atas segala macam tujuan kehidupan, sebuah refleksi juang yang tak kenal lelah untuk sahabat yang senantiasa mengarahkan saudaranya ke arah yang lebih baik. Untuk sahabat yang penuh dedikasi membimbing saudaranya untuk berkarya demi kemajuan bangsa di tengah problematika umat, untuk tegaknya risalah Islam di muka bumi, untuk perjuangan kebaikan mengalahkan kejahatan.
Sebuah catatan bagi permulaan menuju Januari 2012… menuju mimpi besar yang tidak akan pernah diketahui hasilnya, untuk semangat yang tak kenal lelah serta senyum sahabat yang meneguhkan keyakinan dan do’a kedua orang tua untuk kesuksesan, kebaikan, kebahagiaan bagi anak-anaknya. Thank you Allah…

Jatinangor, 14 Desember 2009
Arulsmile…^_^…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar